Headlines News :
Home » , , , » Menyusui dengan Nyaman

Menyusui dengan Nyaman

Written By Unknown on Sabtu, 28 Juli 2012 | 08.06

Seorang ibu setelah melahirkan, tugas selanjutnya salah satunya adalah menyusui bayi dengan memberikan ASI (air susu ibu). ASI merupakan makanan terbaik dan terpenting untuk menjaga kekebalan tubuh bayi.
Biasanya pemberian air susu ibu diberikan 1-2 tahun, tergantung waktu sang ibu tidak bisa lagi mengeluarkan ASI. Selanjutnya di usia 6-12 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan susu formula yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu dalam memberikan makanan terbaik, penting pula bagaimana posisi pemberian air susu ibu dengan baik dan nyaman.
Ibu harus bisa menyusui bayi dalam keadaan apapun, baik saat tidur di rumah, duduk dan bahkan saat berada di atas kendaraan. Ambil posisi menyusui yang nyaman dan se-relaks mungkin agar tidak kelelahan, yaitu duduklah tegak dengan punggung tersangga baik.
Dekap bayi di pangkuandengan posisi kepala bayi di antara lengan dan pinggang ibu. Pastikan posisi dagu bayi menyentuh payudara ibu agar wajahnya menghadap wajah ibu, selain itu akan memudahkan bayi memasukkan seluruh areola ke dalam mulutnya.
Apabila menyusui dengan berbaring, dukung kepala dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh anda.Yang perlu diperhatikan dalam memberikan susu bayi, pastikan ibu jari di atas dan keempat jari di bawah puting guna menopang payudara.
Dalam memberikan ASI ideal masing-masing payudara selama 10-15 menit bergantian. Teknik melepas puting usai menyusui pun penting, tidak dapat menarik begitu saja selagi masih tertancap di mulut bayi hanya akan membuat puting lecet. Sebaiknya lepaskan puting dengan memasukkan jari kelingking ke mulut bayi melalui sudut mulut atau menekan dagu bayi ke bawah.
Semoga Tips diatas Bermanfaat untuk Anda para ibu yang sedang menyusui,
Salam hangat saya untuk orang terdekat Anda,

Sumber Miranda Kalila
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Mobile Phone | Phone Cell | Games Online
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Rasaid'OnLine | INFORMASI MEDIA INTERNET | - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template